Tokoh Pejuang Indonesia dari Jawa Timur

Kali ini kami akan menyajikan informasi seputar sejarah perjuangan bangsa Indonesia, yaitu tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan dari Jawa Timur. Sebagaimana kita tahu, peristiwa-peristiwa perjuangan di Jawa Timur juga menjadi titik penting berbagai momen perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, dan tentunya banyak sekali tokoh-tokoh pejuang dari wilayah tersebut. Nah, siapa saja sih, tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia dari Jawa Timur yang wajib kalian tahu ini.

1. Sutomo

Sutomo atau yang lebih dikenal dengan nama Bung Tomo adalah pahlawan yang berasal dari Surabaya dan lahir pada tanggal 3 Oktober 1920. Tokoh yang satu ini merupakan pendiri organisasi Budi Utomo dan juga seorang pembangkit semangat rakyat yang sangat berjasa pada peristiwa 10 November 1945 sebagai pemimpin pertempuran. Tokoh yang satu ini berasal dari keluarga yang sangat menghargai pendidikan dan kerja keras. 

Sutomo atau Bung Tomo muda sempat tidak bisa menyelesaikan pendidikannya di MULO karena depresi besar yang melanda dunia, namun akhirnya ia pun menuntaskan pendidikannya di HBS dengan cara korespondensi. Setelah itu, Sutomo atau Bung Tomo juga pernah menjadi seorang polisi di Kota Praja, juga melakoni berbagai pekerjaan untuk bertahan hidup. Bung Tomo juga bergabung dengan KBI atau Kepanduan Bangsa Indonesia dan belajar banyak mengenai nasionalisme pada gerakan ini. Berkat ketekunannya, pada usia 17 tahun ia pun berhasil mencapai peringkat Pandu Garuda. Hingga hari ini, Bung Tomo dianggap sebagai pahlawan dan tokoh pelopor pemuda yang menjadi panutan perjuangan dan pendidikan pemuda Indonesia.

2. Supeni Pudjobuntoro

Meski nama yang satu ini jarang didengar, sebenarnya beliau memiliki peranan penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Beliau adalah seorang diplomat perempuan Indonesia yang memiliki kiprah gemilang dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Wanita yang satu ini pernah menjadi duta besar keliling pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. 

Supeni Prodjobuntoro lahir di Tuban, Jawa Timur, pada tanggal 17 Agustus 1917. Salah satu suksesi besar Supeni Pudjobuntoro adalah memenangkan lobi Indonesia kepada Perancis atas pembebasan negara Aljazair dari rencana sebagai negara Apharteid. Selain itu, wanita yang satu ini juga pernah menjabat sebagai anggota DPR dari fraksi PNI dan merupakan wakil Indonesia di PBB.

3. Raden Haji Oemar Said Cokroaminoto

Cokroaminto yang bernama lengkap Raden Haji Oemar Said Cokroaminoto adalah salah seorang pahlawan Indonesia dari Jawa Timur yang lahir di Ponorogo pada tahun 1883. Tokoh yang satu ini merupakan salah satu guru atau mentor dari Bapak bangsa kita, Ir.Soekarno. Bahkan, Cokroaminoto pun sempat menjadi mertua dari Soekarno karena menikahkan putri semata wayangnya, Oetari Cokroaminoto sebagai istri pertama Soekarno. Kiprah Cokroaminoto dalam sejarah perjuangan bangsa adalah sebagai pemimpin Sarekat Islam, juga seorang pemikir strategis dalam pergerakan nasional.

4. Marsekal Muda TNI Iswahyudi

Marsekal Muda TNI Iswahyudi merupakan tokoh perintis dalam Angkatan Udara Republik Indonesia. Tokoh ini wafat setelah pesawatnya tertembak jatuh oleh musuh pada masa Revolusi Nasional. Sayangnya, jenazah Marsekal Muda TNI Iswahyudi tidak pernah berhasil ditemukan hingga kini. Tokoh ini kemudian diabadikan sebagai pahlawan nasional pada tahun 1975 pada masa kepemimpinan mantan presiden Soeharto dan namanya pun menjadi nama bandara di Madiun, yaitu Lanud Iswahyudi.

5. Sudancho Supriyadi

Sudancho Supriyadi merupakan tokoh pahlawan nasional yang berasal dari Trenggalek, Jawa Timur dan merupakan perwira PETA dan menjadi pemimpin pemberontakan dalam melawan pendudukan Jepang di Blitar pada tahun 1945. Atas jasanya yang begitu besar, sayangnya ia berstatus sebagai orang hilang hingga tidak diketahui tempat dan tanggal wafatnya hingga saat ini.

6. Kyai Haji Hasyim Asyari

Tokoh yang satu ini berasal dari Jombang, Jawa Timur dan merupakan pendiri organisasi besar Nahdlatul Ulama. Pada masa hidupnya, Kyai Haji Hasyim Asyari banyak memberikan sumbangsih pada pemikiran serta studi Islam di Indonesia, serta memimpin gerakan-gerakan pendidikan, salah satunya mendirikan pesantren Tebu Ireng yang telah menjadi salah satu pusat belajar agama Islam terbesar di Indonesia pad abad ke-20.

7. Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo adalah salah satu tokoh penting dalam peristiwa gencatan senjata dalam melawan pasukan Inggris di Surabaya pada 26 Oktober 1945 atau yang terkenal dengan peristiwa pertempuran tiga hari di Surabaya. Tokoh yang satu ini juga merupakan gubernur Jawa Timur pertama pada masa Revolusi Nasional. Raden Mas Tumengung Ario Serjo lahir di Magetan pada tahun 1898 dan wafat di Ngawi pada tahun 1948.

8. MT. Haryono

Tokoh yang satu ini namanya tentu sangat dikenal dan identik dengan peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Tokoh yang berasal dari Surabaya ini merupakan seorang Jenderal Angkatan Darat yang banyak berjasa di sepanjang perjalanan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Beliau wafat pada tahun 1965 dalam peristiwa Lubang Buaya.

9. Soekarno

Tokoh pahlawan dan pejuang dari jawa timur yang satu ini tentu tak boleh dilupakan, sebab ia adalah The Founding Father of Indonesia alias Bapak Bangsa Indonesia. Soekarno atau Koesno adalah seorang pria berdarah separuh Bali yang lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Sebelum menjadi seorang proklamator dan presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno adalah seorang aktivis kemerdekaan yang sangat giat dalam menyusun langkah-langkah strategis serta diplomatis bersama tokoh-tokoh penting lainnya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Setelah wafat di Jakarta pada tahun 1970, Soekarno pun dimakamkan di Blitar dan mendapatkan gelar pahlawan nasional pada tahun 2012.

Nah itulah sederet pahlawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia dari Jawa Timur. Tentunya jasa-jasa mereka akan dikenal selamanya dan patut menjadi contoh bagi generasi muda Indonesia hari ini. Ada lagi tokoh yang kamu tahu? Silakan komen di bawah, ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *