Strategi Promosi Produk Yang Tepat

Hampir semua para pelaku bisnis online kebingungan ketika produknya yang sudah siap dipasarkan namun sulit mengambil langkah yang harus dilakukan kedepannya. Hal itu dapat berdampak pada lambatnya penjualan produk yang kita pasarkan.

Maka dari itu, langkah yang harus dilakukan jika anda sudah memiliki produk untuk dipasarkan, yaitu membuat strategi promosi dan branding. Dalam strategi promosi ini terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan, strategi promosi online dan strategi promosi offline.

Kedua hal tersebut sangat penting untuk dilakukan jika anda ingin mulai memasarkan produk yang sudah anda siapkan. Lalu bagaimana cara menjalankan strategi promosi online dan offline, berikut penjelesannya.

STRATEGI PROMOSI ONLINE

1. Gunakan website dan sosial media

Jika ingin mulai memasarkan produk melalui online, tentu yang paling utama harus anda lakukan adalah mempunyai akun sosial media. Sosial media sangat penting anda miliki untuk mulai membangun sebuah brand, untuk mengenalkan produk anda kepada masyarakat luas, untuk menggambarkan karakter produk anda, untuk menginformasikan berbagai macam penawaran khusus kepada masyarakat luas.

Sosial media yang biasa digunakan oleh para pelaku bisnis, diantaranya : facebook, Instagram, youtube, marketplace.

Jika anda memiliki modal yang lebih, saya sarankan anda membuat website sendiri. Karena kalau anda masih menggunakan marketplace untuk berjualan, anda akan dibatasi dengan aturan-aturan yang terkadang membuat anda tidak cocok dengan program yang ada.

Tetapi jika anda memiliki website sendiri, anda bisa lebih leluasa membuat promosi, penawaran khusus dengan waktu dan aturan promo yang bisa anda buat sendiri.

2. Aktif membuat konten yang menarik

Setelah anda memiliki akun sosial media, selanjutnya anda harus menyiapkan konten yang menarik dan tepat. Tentukan tema atau desain konten yang akan anda buat sesuai dengan audience pengikut sosial media anda. Tambahkan hashtag # yang tepat dalam setiap postingan konten anda.

Atur juga waktu yang tepat untuk membagikan konten yang sudah anda siapkan. Anda bisa membagikan (upload) konten secara manual atau juga bisa upload konten secara otomatis menggunakan aplikasi yang sudah banyak tersedia di Appstore atau playstore.

Dan lakukan membuat konten yang tepat ini secara konsisten. Ingat kuncinya konsisten!

3. Gunakan Promosi Facebook, Instagram dan google ads

Jika poin 1 sampai 2 sudah anda lakukan, sebetulnya sudah cukup untuk anda menarik pelanggan, namun hanya pelanggan organik.

Untuk memperluas jangkauan produk, anda perlu menggunakan promosi online berbayar, yaitu : facebook, Instagram dan google ads. Dengan iklan yang tepat dan tertarget, potensi anda untuk mendapatkan pelanggan baru dan terjadinya penjualan lebih besar.

STRATEGI PROMOSI OFFLINE

Untuk memaksimalkan usaha anda dalam memasarkan produk secara online, anda perlu juga memasarkan produk secara offline, diantaranya dengan cara membagikan flyer atau katalog produk dan membuat jaringan reseller, distributor atau agen.

Namun cara ini juga membutuhkan biaya, karena anda harus mencetak banyak katalog atau flyer, anda perlu mencari informasi percetakan untuk mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang memuaskan.

Untuk membagikan katalog produk yang sudah anda cetak, anda bisa memulai dengan membagikannya kepada saudara anda, teman terdekat, tetangga anda untuk kemudian nantinya tetangga, saudara, teman terdekat anda akan membagikannya lagi kepada kenalan mereka sendiri. Dengan begitu, strategi promosi offline anda akan berkembang dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *