Penting! Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini

Momen Baca Bersama perlu kita biasakan pada saat Golden age yakni pada anak usia 0 hingga 6 tahun merupakan tahapan perkembangan dan pertumbuhan emas yang terjadi di masa masa awal kehidupannya, anak akan cepat sekali menyerap dan mengeksplorasi informasi yang ia dapat.

Anak adalah si peniru ulung dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar, ini adalah sebuah proses belajar anak. Sebagai orang tua kita harus memberikan contoh kebiasaan yang baik dan bermanfaat untuk hidupnya contohnya dengan rajin membaca, karana membaca adalalah jendela ilmu, maka membaca perlu dijadikan salah satu stimulasi sejak anak masih usia dini untuk menciptakan generasi Indonesia Cinta Membaca.

Berikut manfaat mengenalkan anak untuk terbiasa membaca :

Membuat anak terbiasa melihat buku sebagai sumber informasi yang menarik dan menyenangkan

Biasanya buku anak didesain dengan banyak gambar, sedikit tulisan dan banyak warna. Hal ini membuat anak tertarik untuk melihatnya, jika ia terbiasa sejak kecil maka akan mudah membuat ia tertarik untuk membaca buku kedepannya.

Memperkuat hubungan orang tua dan anak

Membaca bisa jadi waktu yang menyenangkan untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak, dengan membacakan sebuah buku cerita dengan cara menambahkan kata kata menarik yang mudah di ingat serta memainkan mimik wajah dan variasi suara yang lucu, akan membantu memahami dan menambahkan berbagai pengetahuan, informasi serta aspek aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang di bacakan.

Melatih kapandaian berkomunikasi

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling fundamental, dan anak anak yang rajin membaca secara tidak langsung akan terbiasa melihat stuktur kalimat yang baik, sopan juga kosakata yang beragam.

Mendukung masa depan 

Anak anak yang sudah terbiasa membaca  biasanya lebih terarah dengan keinginan dan cita cita di masa depan. Mereka juga terpacu untuk mengetahui lebih dalam mengenali hal hal yang mereka suka.

Selain itu, membaca juga memberi mereka pemahaman tentang tanggung jawab dan resiko dari suatu perbuatan atau prilaku.

Dari semua manfaat yang tak lepas dari peran penting orang tua, sebagai pendamping untuk mengarahkan anak dalam memilih bacaan sesuai usia dan minatnya.

Sebagai orang tua dari anak kita sendiri, tentunya juga anda harus senang membaca sehingga menjadi teladan bagi anak dan menjadi rekan untuk berdiskusi ketika anak bertanya seputar apa yang mereka baca.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca.

Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca 

jangan lupa Moms jg bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget,Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan- 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *